Thursday, October 27, 2016

Keistimewaan INDONESIA di mata Internasional



                Indonesia banyak menyimpan sisi cerita yang perlu banyak diketahui oleh Putra – Putri yang telah terlahir di Tanah Air Beta ini, tentu tanpa kita sadarin banyak keistimewaan dari negara ini. Memoriku kembali lagi dari kutipan Almarhum Pak Soekarno “Aku tinggalkan kekayaan alam Indonesia, dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya.”
                Di zaman modern ini adalah tantangan besar atau peluang besar untuk Indonesia memajukan hasil kekayaan yang telah ditinggalkan masuknya Globalisasi seharusnya menjadi peluang besar bagi Indonesia. 


Apa saja sich yang perlu kita banggakan dari INDONESIA ?
                Tentu banyak dari kita tak mengetahui tentang INDONESIA secara detail, hanya sesekali kita dengar tentang indonesia itupun dari masa – masa sekolah, mungkin sekarang kita lebih banyak mengetahui INDONESIA itu dari media sosial hal yang seyoigihanya pangsa pasar besar yang menarik.
Lawrence University

Menariknya Gamelan Jawa telah menjadi salah satu kurikulum tetap di New Zealand School of Music (NZSM) dimana Jumlah mahasiswa ‘gamelan course’ tahun 2011 mencapai 23 orang. Tak kalah dengan New Zealand Festival Gamelan Dunia pertama diadakan tahun 1986 di Kanada. Setidaknya terdapat ratusan lebih kelompok ensambel dan studi gamelan di Amerika Serikat, belum lagi di negara lain. Berbeda dengan negara Singapura yang  telah menjadikan gamelan sebagai mata pelajaran wajib di berbagai sekolah dasar pada hampir sebagian wilayahnya. Belum lagi Di Amerika, gamelan Jawa sudah terkenal di berbagai universitas unggulan, seperti Universitas California di Berkeley (gamelan Kyai Udan Mas), San Jose University (gamelan Sekar Kembar), Lewis and Clark College (Kyai Guntur Sari), Michigan, Wiscounsin, Northern Illinois, Oberlin, Wesleyan, dan ratusan universitas terkemuka lainnya. Bahkan Di Jepang pun gamelan sudah menjadi media ajar di berbagai universitas, seperti Tokyo University of Fine Art and Music dengan grup gamelannya yang bernama Kyai Lambang Sari, di Kuntachi College of Music (Gamelan Sekar Jepun), Dharma Budaya Osaka University, Hyogo University, Tokyo Osaka-Tohogakuen (semuanya college of music).

Bahasa INDONESIA





Selain Gamelan yang paling menarik perhatian ane yaitu ketika Bahasa Indonesia menjadi pelajaran wajib di Sekolah Australian melihat dari situs www.radioaustralia.net.au    
Burgmann Anglican School (BAS) yah sekolah swasta di Australia ini sangat menarik perhatian ane dimana ada kelas khusus untuk berbicara bahasa INDONESIA dengan stiker yang tertulis di dinding 'Keep Calm and Speak Indonesian'. (berikan tepukan yang gemuru :) ).


Melihat antusias ini seharusnya membuka peluang besar mengenalkan INDONESIA. Berikut ini yang perlu ente ketahui tentang Tanah Nusantara tercinta yang patut bangga menjadi warga Indonesia (WNI). Meskipun ada juga beberapa kekurangan atau keburukan yang masih melekat di tanah air kita (mungkin persepsi karena pemberitaan yang buruk).
1.     Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504    pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Di sini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2). Jadi ingat Pulau Sriwijaya di Tanjung Enim L pulau besar yang sangat perlu dimanfaatkan terutama destinasi wisata di Sumatera Selatan. (colek papa Alex).
Kepulauan INDONESIA

2.     Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
3.      Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, di mana di Papua saja terdapat 270 suku.
Suku INDONESIA

4.     Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
5.       Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
6.       Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
7.     Negara ini punya cadangan gas alam TERBESAR DI DUNIA! Tepatnya di Blok Natuna. Berapa kandungan gas di blok natuna? Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas hingga 202 TRILIUN kaki kubik!! Dan masih banyak Blok-Blok penghasil tambang dan minyak seperti Blok Cepu dll. DIKELOLA SIAPA? EXXON MOBIL! dibantu sama Pertamina.
8.     Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia. hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia. Letaknya di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Sebenarnya jika negara ini menginginkan kiamat sangat mudah saja buat mereka. Tebang saja semua pohon di hutan itu maka bumi pasti kiamat. Karena bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis ini untuk menjaga keseimbangan iklim karena hutan hujan Amazon tak cukup kuat untuk menyeimbangkan iklim bumi dan sekarang mereka sedikit demi sediki telah mengkancurkanya hanya untuk segelintir orang yang punya uang untuk perkebunan dan lapangan Golf. Sungguh sangat ironis sekali.
9.     Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu: cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
10.  Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
11.   Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
12.   Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
13.   Biodiversity Anggrek terbeser di dunia: 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
14.   Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut / abrasi.
15.   Binatang purba yang masih hidup: Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
via Google

16.   Rafflesia Arnoldii yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
17.  Memiliki primata terkecil di dunia, yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya di atas pohon ini terdapat di Sulawesi.
18.   Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
19.   Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.
20.   PT. PAL sukses membuat salah satu kapal terbaik di dunia “Star 50” berbobot 50,000 ton. Salah satu Negara yang memesan kapal ini adalah Singapura.
21.   Di Singapura, gamelan menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dasar pada hampir sebagian wilayahnya.. (ini yang perlu di waspadai ketika Warga Negara Asing lebih mencintai kebudayaan kita, karena Indonesia adalah peluang besar bagi Negara Internasional).
22.   Tiga jenis kopi andalan Starbucks di Seattle, AS, adalah Sumatera, Java Mocha dan Toraja Coffee. Ketiga jenis kopi ini dipajang di etalase paling depan.
via Google

23.   Biji kopi luwak adalah biji kopi termahal di dunia, dan produsennya adalah Indonesia.


     Masih banyak keistimewaan negara RI ini kita sebagai Pemuda – Pemudi harus benar – benar  merawat, melestarikan, membuat inovasi dan sadar dengan kekayaan dan keanekaragaman ini jangan harap NKRI bisa dijaga dari Sabang sampai Merauke, dari miangas sampai rote. Hanya orang-orang yang memaksakan kehendak dan menutup dirilah (tidak mencintai keberagaman) yang akan tertawa di atas disintegrasi bangsa.

 


0 comments:

Post a Comment