Wednesday, October 26, 2016

, ,

Mengapa Belanda ?

Pajangan mimpi ane

Mengapa Belanda ?
kamu nggak cinta nie dengan Indonesia yang seyoigiahnya telah di jajah 3,5 Abad
      Bukan tentang cinta atau tidak terhadap bangsa (mulai serius nie) tetapi pengabdian dan rasa nasionalisme itu bukan hanya dipandang dari beberapa sudut saja, bukan berarti ketika kita mengejar mimpi kita untuk pendidikan di luar kita malah melihat sebelah mata kampus yang ada Indonesia tetapi ini tentang sebuah pemahaman karakter (kembali serius). Karena ketika kita menemukan hal yang baru tentu akan merubah semua karakter atau mindset kita,.

Negara yang mempunyai ibu kota bernama Amsterdam ini tercatat memiliki 56 perguruan tinggi menurut 4icu.. Sementara itu di QS World University Rangkings 2015/2016, University of Amsterdam berada di peringkat 55 dan yang tertinggi dari universitas-universitas serta perguruan tinggi di Belanda lainnya. Saat ini di Belanda ada lebih dari 80,000 orang mahasiswa internasional yang ada di Belanda untuk melanjutkan studi mereka termasuk diantaranya berasal dari Indonesia. 

Koleksi ane yang dikirim langsung dari penulis
          Salah satu alasan untuk kuliah di Belanda adalah bahwa ternyata jika dibandingkan dengan beberapa negara Eropa lainnya, biaya yang diperlukan relatif lebih murah (tapi tetap mahal kalau pakai saku sendiri :( ) dan yang membuat bahagia hati  Pemerintah belanda menawarkan program Scholarshipnya untuk warga negara Indonesia lewat program StuNed. (berikan tepukan yang gemuruh :).


Apa itu StuNed ?
             StuNed, Studeren in Nederland, atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. 
Penerima beasiswa dapat mengikuti program studi internasional dalam bahasa Inggris, yaitu: master course, short course, atau tailor made training.
Program StuNed merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia yang tercantum dalam Multi Annual Policy Framework (2014-2017). yang meliputi  bidang-bidang prioritas, yaitu:
Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi (International Trade, Finance and Economics)
  • Transportasi, (Agro) logistik dan Infrastruktur (Transport, (Agro)logistics and Infrastructure)
  • Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law)
  • Air (Water)
  • Agro-Pangan dan Hortikultura (Agro-Food and Horticulture)
  • Manajemen Kesehatan (Health Management)
StuNed menitikberatkan pada pengembangan dan meningkatkan-kapasitas individu dan institusi dalam rangka mendukung bidang-bidang tersebut dan memperkuat hubungan bilateral Belanda dan Indonesia.

Program apa saja dari StuNed ?

           PROGRAM MASTER (aplikasi individu)
           Program Master diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi internasional di Belanda untuk jangka waktu pendidikan 12-24 bulan dan diakhiri dengan diperolehnya gelar Master dari Belanda yang diakreditasi oleh NVAO (Nederlands – Vlaamse Accreditatie Organisatie)
          PROGRAM SHORT COURSE (aplikasi individu)
     Program Short Course meliputi kursus-kursus spesialis bertaraf internasional dengan waktu penyelenggaraan 2 – 12 minggu dan diakhiri dengan pemberian sertifikat atau diploma. 
          PROGRAM TAILOR MADE TRAINING (aplikasi group)
          Program Tailor Made Training diperuntukkan bagi organisasi yang berkeinginan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya. Program Tailor Made Training biasanya berlangsung selama 3 minggu dan diberikan oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya. Pilihan modul, jadwal, lokasi dan jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pemohon.


Apa Saja yang kita dapat dari Scholarship StuNed ?
       Jangan sedih berikut ane bocorkan jika kita dapat Scholarship StuNed :
  • Uang kuliah (maksimum EUR 20.000 per tahun)
  • Biaya hidup (uang bulanan)
  • Biaya perjalanan internasional dan lokal
  • Biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi
Jika antum semua ingin daftar program StuNed berikut ini ane kasih persyaratan umum untuk antum bekalkan dalam mengejar mimpi antum semua termasuk mimpi ane juga sich. hihihihihi :) 

Belanda tetap dalam perjalanan ane
Persyaratan Umum
    dan inilah persiapan yang antum semua harus persiapkan termasuk ane yang dari dahulu kalah mengidam - ngidamkan pendidikan di Belanda (Ngidam bukan bawaan orok tapi bawaan hati).
 
1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau paspor.
2. Diterima di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
3. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
4. Mendapatkan persetujuan dari institusi (bagi karyawan/pegawai); dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed. Fresh graduate juga dapat melamar beasiswa ini.
5. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
6. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 80, atau IELTS minimal 6.0. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes. (Pengecualian diberikan kepada pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris/program internasional maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran).
7. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;
8. Tidak ada batas umur.
          Rasanya sudah lengkap ane share tentang Program Scholarship di Negeri Van Oranje, tetapi untuk lebih lengkapnya bagusnya antum semua visit www.NessoIndonesia.com atau www.studieropa.com disana antum akan banyak menemukan lebih kepuasan antum terutama program apa saja yang di dapat dari StuNed.
           Sekali lagi ane ucapkan terima telah mengunjungi blog ane sebagai blogger pemula yang  ingin banyak belajar dari antum, agan dan sista  semua.
           Semoga semakin bermanfaat terutama buat ane yang ingin sekali mengejar pendidikan di Negeri Kincir Angin  yuk kita bareng mencari tau banyak program Stuned, kalau aja ada rezeki kita bisa sama – sama berpendidikan dan kalau aja kita berjodoh di pelaminan ehh salah di Belanda. 

next ane akan bagikan cerita ane mendapatkan tiket Negeri Van Oranje dan dikirim langsung buku plus tanda tangan sang penulis yang merupakan alumni dari program StuNed.



5 comments:

  1. Mau banget belajar di NL huhuhu. Minimal nyobain short coursenya deh. Semangaaaaat!

    omnduut.com

    ReplyDelete
  2. yups betul akak minimal Short Course :)

    mayan 2 minggu di Belanda tapi tetap ada Scholarshipnya

    ReplyDelete
  3. mupeng akak, maish masuk dak kriteria :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu donk, tidak ada batasan umur kalau ikut program StuNed. @feri Nigam

      Delete
  4. Serius tidak ada batas umur? Benran NIh Bro? ahhhhhh Pingin banget. masih ingin nyelesaikan impian s2 yang tertunda. ya Allah lansgung semangat lagi. Dan IP ku juga lebih dari 3.

    terima kasih bro... aku cari info info lagi. BTW, Ngajak anak bisa nggak ya... hahahha lupa sudah ada buntuut dibelakang.

    ReplyDelete