Sunday, June 10, 2018

, ,

Menikmati Kemegahan Masjid di Brunei Darussalam


Setelah Cahaya Di Langit Brunei Darussalam #PejuangTangguh akan bercerita kembali tentang kemegahan masjid di Brunei Darussalam, bersama #JalanHeru menikmati setiap masjid yang kami singgahin dengan arsitektur yang berbeda - beda dan ragam kubah di dalamnya.

   Berikut ini Masjid - Masjid Megah di Brunei Darussalam yang sangat wajib teman - teman masukkan sebagai destinasi wisata religi.

1. Masjid Omar Ali Saifuddin

Masjid Omar Ali Saifuddin
          Masjid yang menjadi icon negara Brunei ini memiliki kemegahannya tersendiri berada di tengah kota Bandar arsitektur masjid ini perpaduan dari Mughal Islam dengan gaya italia, yang lebih menariknya masjid ini dibangun diatas kolam buatan dengan menara marmer berkubah emas. Masjid Omar Ali ini juga dilengkapi taman permai dan air mancur yang melambangkan taman surgawi selain itu yang menarik perhatian mata adanya sebuah replika perahu Mahligai kerajaan milik Sultan Bolkiah yang memerintah pada abad ke 16 dimana bangunan ini.


            Masjid ini memiliki tinggi 52 meter (171 kaki) sehingga dapat dipandang dari setiap sudut di Kota Bandar Seri Begawan, jika kita masuk kebagian dalam kita akan di suguhkan dengan jendela kaca patri beraneka ragam dengan separuh kubah dan pilar - pilar marmer.

2. Masjid Duli Pengiran Muda Mahkota Pengiran Muda Haji Al-Muhtadee Billah,

Al-Muhtadee Billah
               Masjid AL-Muhtadee Billah terletak di Kampoeng Air atau Kampong Tamoi yang dimana kira - kira 2km dari Bandar Seri Begawan, Masjid ini dibangun pada 16 Agustus 1995 penyelesaian rampung  pada 16 Januari 1999.

Masjid Al-Muhtadee Billa dilihat dari sudut Kampong Air
                 Memiliki perisai yang banyak yang mengelilingi kubah di tengahnya menjadikan masjid ini semakin terlihat dibeberapa sudut termasuk dari Kampong Air, jika kita masuk kebagian dalam kita akan di suguhkan dengan pilar - pilar yang sangat cantik disetiap sudutnya, masjid ini boleh menampung 1.500 jemaah.

Kubah Masjid Al-Muhtadee Billah
3. Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah             

Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah
         Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah merupakan masjid kedua nasional setelah masjid Omar Ali Saifuddin, masjid ini merupakan wakaf dari Sultan Hasanal Bolkiah dengan tanah seluas 20 Hektar yang berlokasi di Kiarong, Masjid ini dibangun tahun 1988 dan diresmikan tahun 1994.

        Masjid ini dapat menampung 5.000 jamaah sehingga masjid ini merupakan masjid terbesar di Brunei Darussalam, yang lebih menakjubkan mata kubah di masjid ini memiliki 29 emas dan empat menara dengan ketinggian 58 meter.

        Masjid ini pun memiliki eskaltor yang megah yang dapat menghubungkan jamaah yang akan beribadah di lantai 2, hal yang sangat lebih berkesan buat #PejuangTangguh dan #JalanHeru dimana untuk menuju masjid ini kami mendapat bantuan kendaraan dari warga lokal brunei ia menyempatkan waktunya untuk kami meskipun ia harus pergi ke Rumah Sakit dan di Masjid ini juga kami bertemu dengan akak pie saat hujan turun dan kami harus menuju homestay lagi karena ada perjalanan bersama pejalan dari sabah kerana kebaikan akak pie kami di kasih sokongan dia punya kendaraan untuk dapat menuju homestay, So carilah orang baik ditempat yang baik karena orang baik akan ada selalu di tempat baik.

4. Masjid Ash-Shaliheen

Masjid Ash-Shaliheen

             Masjid Ash-Shaliheen membuat diri ini makin terkagum berada di sisi kantor perdana menteri dengan arsitektur maroko dengan kubah turquoise-nya membuat kita seperti berada di Masjid Sultan Ahmed turki.
Berada di dalam masjid inipun kita akan diingatkan dengan Masjid Nabawi dimana arsitektur didalamnya sangat persis dengan Nabawi selain itu atap kaca pada masjid yang bisa dibuka secara otomatis sehingga memberikan kenyamanan jamaah, Ayat - ayat Al-Quran menghiasi setiap interior yang membuat mata memandang semakin terkagum - kagum.

5. Surau Brunei Internasional Airport 

Masjid Brunei Internasional Airport
           Surau berkubah biru ini berada di tengah Brunei Internasional Airport itulah brunei berada dimanapun kita akan sangat banyak terlihat masjid - masjid dan Surau yang megah termasuk surau satu ini, banyak yang bertanya - tanya  Surau aja segede ini bagaimana Masjid nya ternyata eh ternyata Masjid dan Surau di Brunei sangat berbeda dimana Surau tidak digunakan untuk Shalat Jumat dan Masjid digunakan untuk Shalat Jumta meskipun surau itu kecil jika ia digunakan untuk Ibadah Shalat jumat maka surau itu adalah Masjid.
                 
Kubah Surat Brunei Internasional Airport
Inilah beberapa Masjid yang #PejuangTangguh dan #JalanHeru kunjungi  meskipun jika dilihat masih banyak masjid dan surau yang sangat bisa membuat kita terkagum di Brunei tetapi ini sudah lebih cukup untuk menikmati keindahan atas karunia Allah SWT semoga dilain kesempatan bisa dapat mengunjungi kembali Brunei dengan destinasi - destinasi baru, So ayo berkunjung ke Brunei Darussalam jadikan destinasi wisata Halal anda untuk daapat menikmati setiap sudut Negara ini.

Next saya akan bercerita kembali atas kunjungan saya bersama #JalanHeru dan teman homestay kami dari Sabah Sakinah atas lawatan kami ke beberapa Museum di Brunei Darussalam, harap bersabar ya teman - teman selagi anda menikmati keindahan masjid ini maka saya izinkan teman - teman berimajinasi seakan - akan berada di Masjid dan Surau dalam cerita ini hehehehe.

#BruneiDarussalam #Mosque #CahayadilangitBruneiDarussalam
            

1 comment:

  1. Belum Ke Brunei kaka, padahal deket ya dan bisa melintas pakai bus lewat Malaysia. ya Alllh semoga ada rezeki berkunjung ke Masjid Masjid di brunei.

    ReplyDelete