Friday, July 29, 2016

,

Sriwijaya di Tanah Nalanda


Sriwijaya di Tanah Nalanda 
(Universitas Nalanda Pusat Pendidikan tertua di Dunia)

        Sekian lama tak menulis didera kesibukan perkuliahan perlahan bangkit kembali dengan banyak semangat dan motivasi.
           Cerita Sriwijaya bukan sebuah angan kecil dalam pikiran terbesit diantara deadline pembuatan novel yang hampir 3 tahun tertunda kini cerita itu kembali lagi. Cerita panjang dimulai dengan perjalanan Sabtu – Minggu di Tanah Sriwijaya. Menelisik kembali kejayaan yang luar biasa di Tanah Sriwijaya.
Bangunan Nalanda Universitas Nalanda Bihar

         
Nalanda pertama kali saya membaca berita ini di harian nasional https://m.tempo.co/read/news/2013/11/26/095532582/universitas-internasional-zaman-sriwijaya 
dari ulasan berita semakin menguatkan akan tertarik membahas tentang kejayaan Sriwijaya, karena terlalu asing banyak hanya sekedar menggunakan tameng Sriwijaya tetapi tak mengenang sisi kejayaan Sriwijaya, waktu demi waktu pun berlalu Sriwijaya hanya menjadi kenangan pahit dalam menulis tak ada motivasi dan semangatpun kalah itu, didera akan deadline tugas kuliah dan persoalan hati yang bergejolak. Sekarang waktu yang tepat kembali menceritakan akan kejayaan Kerajaan Sriwijaya lewat Sabtu – Minggu di Tanah Sriwijaya meyakinkan hasrat besar akan tercipta nya sebuah karya. Menelisik kembali Universitas Nalanda Situs yang terletak di provinsi Bihar, India. ini didirikan sekitar abad ke-5 Masehi oleh raja-raja dari dinasti Gupta. Universitas Nalanda dilengkapi dengan asrama dimana para siswa akan lebih fokus dalam menjalankan pendidikan yang super ketat ini.
Salah Satu tempat pertemuan mahasiswa Universitas Nalanda
           Nalanda Universitas merupakan universitas residental pertama di dunia, dimana para siswa dari Cina, Korea, Sri Lanka dan Indonesia serta daerah-daerah lainnya di India datang untuk belajar di Nalanda. Kala itu Nalanda mampu menampung lebih dari 10.000 murid dengan 2.000 tenaga pengajar/guru. Hal yang lebih menakjubkan dari Sriwijaya kalah itu ketika seseorang ingin menempuh pendidikan di Universitas Nalanda ia harus belajar bahasa dan sastra Sansekerta di Kerajaan Sriwijaya karena Kerajaan Sriwijaya merupakan pusat pendidikan bahasa dan sastra sanksekerta.
Situasi Perkuliahan (Google.com)
Tak banyak yang dapat saya gambarkan dalam ulasan ini karena perjalanan penelusuran saya belum  sampai tahap Situs MuaraJambi mungkin dilain waktu akan saya ceritakan kembali Universitas Nalanda yang sangat erat kaitannya dengan Sriwijaya.

Semoga informasi ini akan semakin bermafaat untuk kita sebagai pemuda yang hidup di Tanah yang pernah berkuasa seyoigihanya harus memiliki tekad yang tak putus asa.
Halaman Nalanda University




1 comment:

  1. Indonesia memang kaya dan memiliki banyak pusat peradaban kelas dunia

    ReplyDelete